Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara menghitung usia kehamilan tidak sulit yang kita bayangkan, Menghitung usia kandungan secara umum dilakukan dengan berdasarkan pada siklus menstruasi yaitu pada hari terakhir menstruasi.

Cara Menghitung Usia Kehamilancara menghitung usia kehamilan beraneka ragam, Beberapa ada yang menggunakan cara manual, menghitung usia kehamilan dengan menggunakan rumus tertentu.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Hitungan Minggu ;

Setelah membahas beberapa alternatif cara menghitung usia kehamilan, sekarang mari membahas dari menghitung berdasarkan hitungan minggu. Dengan Anda mengerti usia kehamilan sudah berapa minggu, Menghitung usia kehamilan hitungan minggu ini bisa memakai cara calender (Kalendar), ini merupakan cara klasik dalam perhitungan usia kehamilan. Apabila Anda memang ingin memakai metode klasik ini, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah Anda harus paham mengenai siklus haid Anda sendiri, untuk dasar data rumus perhitungan yang akan digunakan. Untuk detailnya dapat Anda temukan di bawah ini.

Menghitung Usia Kandungan Dengan HPHT :

Menghitung usia kandungan yang pertama dapat memanfaatkan rumus menghitung usia kehamilan, yang tidak terlalu sulit, dapat dibilang sangat mudah. Perhitungan ini merupakan metode perhitungan manual, Anda akan membutuhkan beberapa data agar rumus dapat digunakan. HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir merupakan salah satu data yang akan Anda butuhkan untuk menggunakan rumus manual ini. Tetapi memang ada kelemahan dari metode perhitungan ini, yaitu rumus ini hanya bisa dimanfaatkan jika calon ibu mempunyai siklus menstruasi (Datang bulan) yang teratur saja, kurang lebih 28 hingga 30 hari.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Apabila Anda Lupa HPHT :

perhitungan manual di atas disebutkan bahwa semuanya diwajibkan tahu tentang HPHT. Namun terkadang Anda bisa saja lupa berapakah HPHT Anda sendiri, karena itu rumus kalender atau rumus manual tak bisa digunakan lagi. Tetapi ini bukanlah masalah besar, karena walaupun Anda lupa HPHT, masih ada cara menghitung usia kehamilan yang lainnya, yang juga tidak kalah akurat.

Cara pertama yaitu menggunakan pemeriksaan USG, usia kehamilan dapat diketahui dengan mudah menggunakan alat berteknologi modern. Metode ini diberi nama USG, dan memang metode menghitung usia kehamilan menggunakan USG disarankan oleh dokter kehamilan apabila Anda ingin melakukan proses pemeriksaan kandungan. Tetapi yang harus Anda ingat yaitu jika ingin melakukan pemeriksaan USG, usia kehamilan harus di bawah 12 minggu. Tujuannya tentu saja agar pemeriksaan USG tersebut dapat memberikan hasil yang lebih akurat, karena memang itulah tujuan Anda melakukan pemeriksaan kehamilan.

Cara Kedua Yaitu Selain dengan metode USG yang canggih, menghitung usia kehamilan juga dapat dilakukan dengan menggunakan kalkulator khusus yang didesain untuk menghitung usia kehamilan. Berkat kecanggihan teknologi, Anda dapat mengakses kalkulator ini dengan mudah di internet.

Melalui kalkulator kehamilan ini, kondisi janin dan Anda juga dapat diketahui. Namun, menghitung usia kehamilan dengan kalkulator kehamilan ini sifatnya hanyalah sebatas gambaran umum saja dari perhitungan standar kehamilan.

Apapun cara yang dipilih untuk cara menghitung usia kehamilan, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah ketepatan dan keakuratannya. Jika Anda kurang yakin dengan penghitungan manual yang dilakukan sendiri, berkonsultasilah pada dokter dan bila perlu lakukan pemeriksaan yang akurat agar dapat mengetahui usia janin dengan pasti. Semoga bermanfaat!

Sekian Dari Kami Bidanobataborsi.com Tentang Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Tepat Dan Akurat!